Hal yang membuat Marketplace menjadi bagus

Online shopping mobile phone, ecommerce market flat illustration with small people Premium Vector
Di artikel ini, kami akan melihat beberapa fitur Marketplace tertentu — seperti pengiriman, pengembalian, dan pembayaran — serta cara membangun dengan tim teknologi. Hari ini, kami melihat pertanyaan besar yang perlu Anda tanyakan dan menemukan jawaban sebelum Anda mulai membangun marketplace, saat ini juga semakin canggih marketplace produk digital juga bermunculan seperti marketplace backlink yang berguna untuk optimasi website segala jenis.

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat membangun Marketplace
1. Apa Jenis Marketplace kita?
Pada dasarnya, pertanyaannya juga bisa jadi ‘Siapa pengguna kami?’ Jika Anda melihat daftar 20 Marketplace teratas di seluruh dunia, 17 menjual produk di semua kategori dan masing-masing beroperasi di Marketplace global atau regional yang sangat besar. Peluang melawan pemain besar sudah lama hilang. Bahkan dengan semua dukungan VC di dunia, tidak ada Marketplace baru yang akan mempengaruhi bisnis Amazon. Oleh karena itu, jika Anda berpikir untuk meluncurkan Marketplace tradisional, Anda perlu membedakan diri dengan memilih segmen pelanggan yang lebih kecil dan mengukir jenis Marketplace Anda:

Bangun Marketplace untuk tujuan umum satu negara atau bahkan satu kota
Jual hanya satu kategori produk, misalnya produk hewan peliharaan, asuransi jiwa, perlengkapan golf
Temukan sesuatu yang unik, seperti Marketplace yang hanya menggunakan cryptocurrency (yang disorot sebagai tren ‘pengubah permainan’ dalam Laporan 2021 kami)
Marketplace beroperasi sama seperti bisnis lain dengan cara ini. Anda tidak boleh terlalu umum, karena para pemain besar telah mengambil sebagian besar bisnis. Namun, Anda juga tidak boleh terlalu cerdik: Anda tidak akan bertahan lama dengan Marketplace khusus Bitcoin yang didedikasikan untuk menjual perlengkapan golf di Hull!

2. Bagaimana kita mengatasi masalah telur ayam?
Setelah Anda membangun dan menjalankan Marketplace, model bisnis ini bisa sangat menguntungkan. Namun, semua sektor memiliki tantangan unik dan, saat menyiapkan Marketplace baru, memulainya adalah masalah besar. Ini disebut masalah telur ayam. Mana yang lebih dulu: vendor atau pembeli? Bagaimana Anda meyakinkan vendor pihak ketiga untuk bergabung dengan platform Anda ketika tidak ada basis klien yang mapan? Tetapi bagaimana Anda membuat pembeli melihat-lihat dan membeli jika tidak ada yang menjual di platform Anda? Dan, bagaimana Anda membuat investor masuk dengan dana jika Anda tidak punya keduanya?

Jawabannya adalah dengan membangun MVP yang cepat dan dapat digunakan yang tidak membebani bumi dan hanya memiliki cukup fitur untuk menarik vendor pertama. Ini menjadi bukti konsep Anda. Anda akan segera mendapatkan gambaran apakah bisnis Anda menarik dari jumlah pengguna. Anda kemudian dapat menginvestasikan kembali keuntungan untuk membuat platform yang lebih kuat dan kaya fitur, dan menarik investor.

Tentu saja, cara termudah untuk melakukannya adalah jika Anda sudah memiliki basis pelanggan. Sebagian besar Marketplace yang dibangun saat ini dibuat oleh pengecer mapan yang ingin menawarkan lebih banyak pilihan kepada pelanggan dan memperkenalkan aliran pendapatan baru dengan mengambil komisi dari vendor pihak ketiga yang menjual di Marketplace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *